apa itu haji furoda

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Haji Furoda, Daftar Haji Langsung Berangkat!

Apa itu Haji Furoda? Saya yakin masih banyak umat Islam yang baru mendengar istilah tersebut. Yang umum adalah haji reguler dan haji plus atau ONH Plus. Sedangkan Haji Furoda, sepertinya tidak banyak yang mengetahui. Mungkin istilah ini hanya dekat di telinga kalangan orang berduit atau pejabat tinggi saja. Soalnya, para pengguna haji model ini hanya mereka yang benar-benar berduit yang tidak ingin menunggu antrean haji terlalu lama.

Nah, di artikel ini, kita akan membahas apa itu Haji Furoda. Bagi Anda yang ingin berangkat haji tanpa harus menunggu antrean bertahun-tahun, saya menyarankan untuk berangkat melalui jalur ini saja. Tapi, apa saja syaratnya? Yuk kita kupas lebih dalam!

Mengenal Apa Itu Haji Furoda!

Apa itu haji Furoda? Haji Furoda adalah program haji yang menggunakan visa Mujamalah, sebuah visa khusus untuk berhaji yang diperoleh dari undangan resmi pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Setelah mendaftar, maka di tahun yang sama, jemaah bisa langsung berangkat. Tidak perlu menunggu antrean bertahun-tahun seperti haji Reguler.

Untuk menjadi jemaah Haji Furoda, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya: mendapatkan undangan langsung dari pemerintah Arab Saudi, memenuhi kriteria yang ditetapkan, seperti faktor usia, kesehatan, dan status pernikahan, dan melakukan pendaftaran melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau perusahaan travel yang terdaftar di Kemenag RI.

Proses Pendaftaran Haji Furoda

Setelah mengerti apa itu haji Furoda, Anda juga harus tahu bagaimana cara mendaftar haji dari jalur ini. Berikut panduannya:

  1. Persiapan Dokumen Penting: Sebelum memulai proses pendaftaran, calon jamaah Haji Furoda perlu mempersiapkan dokumen-dokumen penting. Dokumen tersebut mungkin termasuk:
  • Paspor yang masih berlaku.
  • Kartu Keluarga (KK) atau dokumen identitas lainnya.
  • Surat keterangan sehat dari dokter.
  • Surat izin dari keluarga atau mahram (bagi calon jamaah perempuan).
  • Fotokopi KTP.
  1. Memastikan Kelayakan dan Kriteria Pendaftaran: Calon jamaah perlu memastikan bahwa mereka memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk menerima undangan Haji Furoda. Kriteria ini dapat mencakup faktor usia, kesehatan, dan status pernikahan.
  1. Memahami Undangan dari Kerajaan Arab Saudi: Haji Furoda melibatkan undangan langsung dari Kerajaan Arab Saudi. Oleh karena itu, calon jamaah perlu memahami persyaratan undangan tersebut dan memastikan bahwa mereka memenuhinya. Undangan ini mungkin mencakup informasi tentang kuota, tanggal keberangkatan, dan aturan lainnya.
  1. Kontak dengan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau Perusahaan Travel Terdaftar: Calon jamaah Haji Furoda harus mendaftar melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau perusahaan travel yang sudah terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Kontak dengan PIHK atau perusahaan travel terdaftar untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai prosedur pendaftaran.
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran: Calon jamaah akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh PIHK atau perusahaan travel. Formulir ini biasanya mencakup informasi pribadi, kesehatan, dan dokumen pendukung lainnya.
  1. Pembayaran Biaya Pendaftaran: Calon jamaah perlu membayar biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Biaya ini mencakup berbagai aspek, termasuk biaya administrasi, asuransi, dan sejumlah fasilitas lainnya.
  1. Pemeriksaan Kesehatan: Sebagai langkah lanjutan, calon jamaah akan menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi fisik yang memadai untuk menjalankan ibadah haji.
  1. Proses Visa Mujamalah: Setelah pendaftaran diterima, PIHK atau perusahaan travel akan mengurus proses visa mujamalah. Visa ini dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi sebagai undangan resmi untuk melaksanakan ibadah haji.
  1. Konfirmasi Keberangkatan: Setelah mendapatkan visa, calon jamaah akan menerima konfirmasi keberangkatan, termasuk tanggal dan instruksi terkait perjalanan menuju Tanah Suci.

Penting untuk dicatat bahwa proses pendaftaran Haji Furoda dapat berubah sesuai dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi dan regulasi yang berlaku. Oleh karena itu, calon jamaah disarankan untuk selalu mengikuti informasi terbaru dari PIHK atau perusahaan travel yang mereka pilih dan berkoordinasi dengan pihak yang berwenang.

Pelaksanaan Haji Furoda

Salah satu karakteristik unik dari haji furoda adalah pelaksanaannya pada tahun yang sama ketika menerima visa dari pemerintah Arab Saudi. Contohnya. Jika Anda mendaftar di tahun 2024 sebelum masa haji, maka di tahun yang sama Anda bisa langsung berangkat, jika menggunakan visa Mujamalah ini. Inilah yang membuat program haji model ini sangat cocok untuk yang tidak mau menunggu terlalu lama seperti Haji Reguler, yang masa tunggunya hingga 40 tahun.

Tapi, konsekuensinya, Anda harus merogoh kantong lebih dalam. Karena biaya haji model ini lebih tinggi dari pada Haji Reguler dan Haji Khusus (ONH Plus). Jika Haji Plus berbiaya hanya sekitar Rp 164 juta, maka Haji Furoda bisa sampai Rp 231 juta per orang. Cukup mahal, tapi, Anda bisa berangkat di tahun itu juga. Baca ulasan kami tentang cara daftar haji dan berapa lama haji plus jika Anda ingin mengetahui seputar haji plus.

Kesimpulan

Apa itu haji furoda? Haji Furoda adalah haji khusus yang menggunakan visa Mujamalah, yang diperoleh karena undangan langsung dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Berhaji menggunakan jalur ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berangkat cepat. Setelah mendaftar, di tahun yang sama, Anda bisa langsung berangkat. Tapi, ya itu tadi, biaya haji Furoda sedikit lebih mahal dari ONH Plus. 

Nah, sekarang, Anda sudah memahami apa itu Haji Furoda, keunggulannya, dan prosedur pendaftarannya. Jangan lupa baca juga ulasan kami tentang perbedaan umroh dan haji bagi Anda yang belum bisa membedakan antara keduanya. Wassalam.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata yang Dekat Dengan Stasiun Malang