cek backlink ahrefs

6 Cara Cek Backlink Ahrefs untuk Meningkatkan SEO Website Anda!

Ahrefs adalah salah satu alat SEO paling terkenal yang digunakan untuk menganalisis tautan balik situs web. Tautan balik adalah link dari situs web lain yang mengarah ke situs web Anda. Semakin banyak backlink berkualitas tinggi yang dimiliki website Anda, semakin tinggi pula otoritasnya di mata Google. Hal ini dapat meningkatkan peringkat website Anda dalam hasil pencarian (SERP). Penting untuk mengetahui cara cek backlink Ahrefs dengan tepat.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa cara cek backlink Ahrefs yang bisa Anda ikuti, seperti memasukkan URL website Anda ke Ahrefs Backlink Checker, hingga menggunakan Ahrefs Site Audit.

Cara Cek Backlink Ahrefs untuk Meningkatkan SEO Website Anda!

Berikut ini panduan cek backlink Ahrefs yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan SEO website Anda dengan maksimal.

1. Masukkan URL website Anda ke Ahrefs Backlink Checker

Cara termudah untuk cek backlink melalui Ahrefs adalah dengan memasukkan URL website Anda ke Ahrefs Backlink Checker. Anda dapat menggunakan versi gratis Ahrefs, namun versi berbayar menawarkan fitur yang lebih lengkap. Untuk memaksimalkan penggunaan Ahrefs, Anda harus mengetahui apa itu backlink serta bagaimana cara membangun backlink yang berkualitas.

2. Lihat data backlink website Anda

Ahrefs akan menampilkan data backlink website Anda, termasuk:

  • Jumlah backlink: Jumlah total backlink yang dimiliki website Anda.
  • Domain Referring: Jumlah domain berbeda yang memberikan backlink ke website Anda.
  • UR (Domain Rating): Skor otoritas domain website Anda.
  • DR (Domain Rating): Skor otoritas domain website yang memberikan backlink ke website Anda.
  • Anchor text: Teks yang digunakan sebagai anchor text untuk backlink.
  • Lokasi backlink: Halaman website yang memberikan backlink ke website Anda.

3. Filter backlink berdasarkan metrik tertentu

Anda dapat memfilter backlink berdasarkan metrik tertentu, seperti UR, DR, atau anchor text. Hal ini dapat membantu Anda untuk fokus pada backlink yang paling penting.

4. Bandingkan backlink website Anda dengan kompetitor

Ahrefs memungkinkan Anda untuk membandingkan backlink website Anda dengan website kompetitor. Hal ini dapat membantu Anda untuk melihat di mana website Anda unggul dan di mana website Anda perlu ditingkatkan.

5. Gunakan Ahrefs Content Explorer

Ahrefs Content Explorer adalah alat yang dapat membantu Anda untuk menemukan peluang backlink baru. Anda dapat menggunakan alat ini untuk mencari konten yang relevan dengan niche website Anda dan kemudian menjangkau website yang telah menerbitkan konten tersebut untuk mendapatkan backlink.

6. Gunakan Ahrefs Site Audit

Ahrefs Site Audit adalah alat yang sangat berguna untuk membantu Anda mengidentifikasi berbagai masalah SEO pada situs web Anda. Alat ini dapat mendeteksi masalah teknis seperti kecepatan halaman, kesalahan server, dan masalah pengindeksan. Selain itu, Ahrefs Site Audit juga dapat menemukan masalah konten seperti duplikasi konten, tag meta yang hilang atau tidak optimal, serta masalah struktur konten. 

Tidak hanya itu, alat ini juga menganalisis masalah backlink, seperti tautan balik yang buruk atau spam, serta profil backlink yang tidak seimbang. Dengan mengatasi masalah-masalah ini, Anda dapat meningkatkan kinerja SEO situs web Anda secara keseluruhan dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian mesin pencari. Bagi Anda yang baru belajar SEO pemula, menggunakan Ahrefs merupakan pilihan yang cocok untuk Anda.

Itulah panduan cara cek backlink Ahrefs yang bisa Anda ikuti. Dengan menggunakan Ahrefs, Anda dapat meningkatkan SEO website Anda dan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Baca Juga: Apa Itu Trading: Panduan Lengkap untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − ten =